Perbedaan CAT BKN dengan Sistem CAT UKG



Advertisement

Perbedaan CAT BKN dengan Sistem CAT UKG - Daerah yang tidak memiliki Infrastruktur pendukung CAT BKN, maka akan menggunakan Sistem UKG terintegrasi CAT. Namun anda tidak perlu khawatir, Sistem Computer Assisted Test (CAT) pada Uji Kompetensi Guru (UKG) tidak jauh berbeda dengan CAT yang dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pelajari selengkapnya agar anda tidak kebingungan ketika mengerjakan Ujian CPNS 2015. Pada sistem UKG bisa memakai keyboard komputer/laptop dalam pengoperasiannya atau mengerjakan soal, dan hanya tombol tertentu saja yang berfungsi. Pada sosialisasi simulasi sistem CAT UKG di Kementerian PANRB, ketika memilih opsi jawaban bisa dilakukan dengan cara mengetik jawaban yang akan dipilih. 

"Jika akan memilih jawaban B, anda hanya mengetik tombol B pada keyboard komputer. Sedangkan Untuk melanjutkan ke pertanyaan soal berikutnya, anda tinggal menekan tombol spasi pada keyboard."

Namun, apabila anda tidak terbiasa dengan menggunakan keyboard, maka dapat memakai mouse pada komputer. Untuk menjawab, anda Hanya perlu mengklik pilihan jawaban A, B, C, D atau E. Kemudian Untuk melanjutkan ke soal berikutnya dapat mengklik tanda satu panah di kanan pada bagian kanan atas layar / dekstop komputer.

Perbedaan CAT BKN dengan Sistem CAT UKG

Anda juga bisa indikator soal yang belum terselesaikan. Indikator tersebut terletak di bagian kanan berupa 100 kotak kecil bertuliskan nomor soal. 

Jika belum dijawab, maka pada angka akan menunjukkan warna merah. Untuk yang sudah dijawab akan menunjukkan warna hijau. Jika ingin mengganti jawaban, anda tinggal meng-klik nomor mana yang ingin diganti jawabannnya. Selain itu, anda juga bisa melihat sisa waktu untuk mengerjakan soal. Jika sudah selesai mengerjakan semua pertanyaan, anda dapat memilih gambar telapak tangan pada bagian kanan atas.

Data CPNS Tahun 2014
Seperti dikemukakan oleh Bapak Azwar Abubakar selaku Menteri PANRB, pelaksanaan tes CPNS tahun ini menggunakan aplikasi dari BKN, UKG, serta mandiri. Bagi pemda ( pemerintah daerah ) yang akan menggunakan fasilitas CAT UKG, BKD diharapkan untuk segera berkoordinasi dengan LPMP sebagai perwakilan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan (BPSDMP) Kemendikbud di provinsi masing-masing.

Namun apabila CPNS tahun 2015 ini masih ada daerah yang menggunakan Sistem CAT UKG maka mulailah mempelajari Panduan Ujian Online pada Aplikasi CAT UKG CPNS 2015
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software