Tips menghadapi lowongan kerja Walk in Interview



Advertisement

Tips menghadapi lowongan kerja walk in interview

Tips Job Fair Walk in Interview - Halo, Semangat Pagi . . Apapun kondisi dan keadaan kita saat ini, harus selalu semangat seperti pagi hari. Kali ini saya akan berbagi Informasi mengenai Tips Lowongan Kerja yakni khusus untuk "Tips Menghadapi Walk In Interview". Apakah anda baru mengetahui istilah ini ? atau anda sudah pernah mendengar namun belum tahu pengertian dari Walk In Interview ? Anda bisa menyimak Artikel ini sampai selesai, agar mendapatkan pemahaman yang utuh. Sehingga jika suatu saat nanti ada Sahabat, Teman atau Tetangga yang bertanya, maka anda bisa dengan lengkap memberi penjelasannya.

Tips menghadapi lowongan kerja Walk in Interview




Lowongan Kerja / Job Fair dengan Sistem  Walk in Interview

Jika anda sering browsing, melihat pengumuman lowongan kerja di Internet maupun di Media Cetak seperti koran dan majalah, anda akan menjumpai beberapa lowongan yang bertuliskan " Walk In Interview ". Apakah perbedaan lowongan seperti ini dengan yang biasanya ? Ya tentu jelas berbeda. Jika anda menemui loker seperti itu, Artinya ketika anda melamar pekerjaan Tak perlu menunggu datangnya surat panggilan kerja ataupun telepon/sms dari pihak Perusahaan ( Personalia / HRD ). Dalam walk in interview Andalah yang harus proaktif 'menjemput bola'. 

Prinsip Vini, Vidi, Vici (Saya datang, bertanding dan menang).

Walk in interview merupakan jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila posisi yang ingin diisi dalam lowongan kerja yang dibutuhkan dan jumlah pelamarnya cukup besar. Proses wawancara atau perekrutan terkadang dilakukan saat ada bursa kerja / job fair. Pada dasarnya menjalani walk ini interview sama saja dengan wawancara biasa. Jadi Anda datang melamar, maka saat itu juga anda akan menjalani Tes Wawancara tanpa menunggu panggilan. Untuk itu anda harus siap secara maksimal karena Anda langsung berhadapan pewawancara saat melamar. 


Tips dan Persiapan Jika Ada Walk In Interview 

Ini adalah bagian penting yang harus anda ketahui agar persiapan anda lebih matang dalam menghadapi Interview / wawancara langsung. Karena seperti yang sedikit di kupas di atas tadi, bahwa jika perusahaan menggunakan sistem seperti ini dalam rekrutmen karyawan baru, tentu jumlah posisi dan Pelamar Kerja sangat besar. Secara otomatis persaingan pun sangat ketat. Hanya yang terbaiklah yang akan lulus.

Apa Saja Yang Perlu disiapkan untuk Menghadapi loker Walk In Interview ?

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk lulus tes Wawancara ini :



Teliti Iklan

Sebelum membuat lamaran, Anda perlu meneliti iklan lowongan kerjanya, apakah bidang kerja dan posisi yang ditawarkan sesuai dengan membuang-buang tenaga dan waktu. Pastikan juga tempatnya representatif dan perusahaannya jelas.

Resume dan CV

Setelah yakin bahwa lowongan tersebut memang sesuai dengan Anda, buatlah resume dan CV yang menarik dan lengkap, karena resume dan CV Anda langsung dibaca saat itu juga. Ketik dengan komputer dengan huruf yang mudah dibaca. Kemudian cetak resume dan CV di atas kertas yang bersih dan tidak keriting. Hindari membawa CV fotokopi karena Anda akan dinilai tidak serius.

Penampilan Prima

Perhatikan penampilan Anda secara keseluruhan. Karena impresi pertama pewawancara sangat menentukan keberhasilan walk in interview Anda. Pilihlah busana yang paling sesuai dan sopan. Pastikan penampilan Anda rapi, bersih, cantik dan layak untuk menghadiri wawancara.

Alat Tulis

Bawalah alat tulis dan notes karena siapa tahu diperlukan saat wawancara. Kesiapan Anda menghadipi interview juga mendapat penilaian tersendiri. Jangan sampai Anda harus meminjam alat tulis pada pewawancara.
Data Pendukung

Setelah itu, lengkapi dengan data-data pendukung lainnya, seperti ijazah, surat-surat referensi, foto 4X6 1 lembar, serta contoh hasil karya atau portfolio terbaik Anda. Masukkan semua kelengkapan ini ke dalam map atau amplop besar.

Persiapkan Diri



Sehari sebelum berangkat, pahami dulu lingkup kerja yang ditawarkan. Jangan sampai Anda datang ke sana masih bertanya soal posisi yang ditawarkan. Misal, jika posisi yang Anda lamar marketing, coba pelajari beberapa hal yang berkaitan dengan dunia marketing.
Isi Perut

Sebelum berangkat, isi perut Anda terlebih dahulu. Karena biasanya dalam walk in interview Anda akan menghadapi beberapa tes pada hari itu juga yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Sehingga kenyamanan perut juga dijaga. Konsumsilah makanan bergizi secukupnya. Tapi, jangan konsumsi makanan yahg bergas dan tajam, karena akan menyulitkan hidup Anda.


Menjawab Taktis

Jawab semua pertanyaan dengan penuh percaya diri, jujur dan bersahabat, tapi tidak berlebihan. Jangan ragu menjawab jika Anda diminta untuk memberi penjelasan lebih terperinci. Manfaatkan kesempatan untuk bertanya jika pewawancara mempersilakan Anda. Jangan ragu bertanya hal-hal yang belum jelas misal bertanya kapan hasil interview akan dikabarkan.

Kesan Positif

Selesai wawancara ucapkan terima kasih dan berikan jabatan tangan yang paling hangat. Berikan kesan positif saat meninggalkan ruangan. Jika dalam waktu yang dijanjikan pewawancara belum menghubungi Anda, teleponlah pewawancara dan tanyakan hasilnya.

Tepat Waktu

Kalau perlu Anda sudah tiba satu jam sebelum proses dimulai. Anda jadi punya kesempatan mempelajari suasana, menenangkan diri dan mempersiapkan segala sesuatunya. Datang lebih awal juga membuat Anda tidak perlu menunggu terlalu lama, mengingat pelamar yang datang ke walk in interview biasanya banyak.

Wajah Optimis

Tampilkan wajah penuh percaya diri, cerah ceria dan optimis. Jangan sekali pun menampakkan wajah kusam nan sendu di depan pewawancara. Karena tidak ada satu perusahaan pun yang mau mempekerjakan orang yang gampang putus asa. Tunjukkan keoptimisan Anda dengan menjabat tangan pewawancara secara mantap dan tatapan mata hangat.
Source : kompas.com

Tips Tambahan Sebelum berangkat menjalani Walk In Interview 

Perlu Dibawa Saat Walk In Interview :
- Kartu identitas dan kartu nama
- Kertas catatan kecil
- Bolpoin dan pinsil 2B, serta penghapus
- Daftar pertanyaan yang ingin Anda tanyakan
- Catatan sejarah terperinci
- Contoh hasil kerja atau portfolio
- Minum dan makanan kecil (kalau walk in interview diadakan besar-besaran)
- Daftar referensi (jika ada)
- Jika melamar sebagai pramugari, kenakan baju lengan pendek dan rok pendek serta sepatu hak tinggi.


LOWONGAN KERJA TERBARU 2015



Sebagai bekal jika anda nanti mendapat panggilan kerja, pastikan anda mencoba tips dan trik dari TesKerja.Com. Mulai dari Berlatih membuat Surat Lamaran Yang Baik dan Benar, Soal Psikotes, hingga berlatih Tes Wawancara. Semoga Artikel ini Bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses.
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software