Tips Menghadapi Tes Kesehatan ( Medical Check Up ) Kerja 2020



Advertisement

Tips Menghadapi Tes Kesehatan ( Medical Check Up ) Kerja 2020

Kiat Sukses dan Lulus Tes Kesehatan Perusahaan Terbaru - Mulai tahun 2020 ini, diprediksikan ekonomi indonesia akan bersaing ketat dengan negara di kawasan asean. Dimana sekarang ini mulai masuk ke era industri 4.0. Yang semuanya serba teknologi.

Tentunya hal ini juga direspon oleh para pengusaha dalam negeri. Mereka lebih memperketat tahapan seleksi karyawan baru. Lalu apa yang harus dilakukan agar bisa lulus dalam menghadapi Tes Kesehatan ( Medical Check Up ) untuk masuk kerja ? 

Banyak para calon karyawan dan pegawai yang mencari informasi seputar Tes Kesehatan / Medical Check Up sebelum menghadapi ataupun mengikuti Tahapan tes tersebut.

Mengingat setiap Calon karyawan dan Pegawai Perusahaan, wajib mengikuti prosedur Rekrutmen Karyawan / pegawai Baru. 

Sebelum mengetahui Cara / Tips dan Trik untuk menghadapi Tahapan Tes masuk perusahaan maupun Instansi terlebih dahulu kita pahami apa itu Pengertian dari Tes dan Definisi dari Kesehatan.




Pengertian Tes Adalah :

Tes ( Test ) dapat didefinisikan sebagai suatu pernyataan atau tugas atau seperangkat tugas yang direncanakan untuk memperoleh informasi tentang trait (sifat) atau atribut pendidikan atau psikologik yang setiap butir pertanyaan atau tugas tersebut mempunyai jawaban atau ketentuan yang dianggap benar.

Pengertian Kesehatan Menurut WHO

Ada beberapa pendapat mengenai Pengertian Kesehatan. Berikut ini Pengertian Kesehatan menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948  menyebutkan bahwa pengertian kesehatan adalah sebagai “suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan”

Mungkin anda pernah mendengar Istilah “Men sana in corpore sano, maksdunya adalah sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya “Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Jika jiwa dalam diri seseorang sehat, maka tubuhnya akan sehat juga. Begitu juga sebaliknya.

Pengertian Tes Kesehatan / Medical Check Up

Dari beberapa pengertian Tes dan Kesehatan di atas maka dapat kita simpulkan mengenai Tes Kesehatan / Medical Check Up itu sendiri. Tes kesehatan atau medical check up merupakan suatu rangkaian / tahapan tes yanng wajib dilalui oleh pelamar kerja yang sedang mengikuti open recruitment perusahaan dan Instansi tertentu. 

Pada umumnya tes kesehatan ini dilaksanakan di akhir sesi serangkaian tes. Karena ini merupakan tahap terakhir dari tes open recruitment, tidak sedikit orang yang sudah berjuang dan lolos sampai tahap ini, mereka langsung gugur atau dinyatakan tidak lulus dan tidak layak menjadi karyawan atau pegawai karena kesehatan mereka dianggap buruk atau kurang baik. 

Untuk itu, disini saya akan memberikan Tips sukses menghadapi Tes Kesehatan / Medical Check Up Perusahaan secara singkat dan jelas. Mungkin setiap perusahaan berbeda – beda dalam mengadakan tes Kesehatan, ini adalah beberapa gambaran yang umum dilakukan dalam tes kesehatan.

Persiapan Sebelum Tes Kesehatan / Medical Check Up Perusahaan 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan sebelum tes kesehatan / medical check up. Diantaranya adalah :

  • 1.      Tidur tepat waktu dan hindari kebiasaan begadang.
  • 2.      Bagi Perokok, ada baiknya jangan merokok 2-4 hari sebelum tes kesehatan.
  • 3.      Jangan meminum obat apapun sebelum tes kesehatan / medical check up.
  • 4.      Olah raga teratur dan hirup udara segar di pagi hari.
  • 5.      Perbanyak memakan sayur-sayuran dan meminum susu. Jangan lupa perbanyak minum air putih selama tiga hari.
Penjelasan Lain :

Tips Sebelum Medical Check Up (MCU)

Perbanyak minum air mineral
Manfaat dari Air ini adalah dapat membantu mengeluarkan racun berbahaya di dalam tubuh.

Olahraga 
Berolahraga ringan seperti lari pagi saja sudah cukup. Manfaat dari lari pagi yaitu bisa membuat daya konsentrasi Kita semakin baik karena aliran distribusi oksigen ke otak semakin lancar.

Berhenti Minum Yang Mengandung Alkohol 
Berusahalah untuk berhenti meminum minuman yang mengandung alkohol.

Berhenti Merokok 
Sama halnya dengan diatas, saya menyarankan untuk berhenti merokok. Karena dampaknya yang sangat buruk untuk kesehatan paru paru. Mulailah untuk rajin berolah raga, minum susu fresh milk dan rajin untuk mengkonsumsi madu. Madu ini bermanfaat untuk menetralisir kandungan nikotin yang ada di paru paru kita.


Istirahat dan Makan Teratur
Jangan terlalu sering Begadang karena dapat menghancurkan / merusak sel antibodi tubuh. Tubuh Kita sangat membutuhkan penangkal virus, agar tidak mudah terkena penyakit apapun.

Dan jagalah pola makan serta mengkonsumsi makanan yang bergisi secara teratur. Seperti sayuran dan buah.

Hindari Mengkonsumsi Obat-obatan
Berusahalah untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan sehari menjelang medical check up ( MCU ). Karena bisa mengakibatkan kita dianggap memakai zat adiktif. Mengapa ? sebab banyak obat obatan yang terdapat kandungan zat adektif.


Kesehatan yang diperiksa dalam tes Medical Check Up Perusahaan

Perhatikan beberapa Kesehatan yang nantinya akan diperiksa dalam tahapan Tes Medical Check Up pada perusahaan / Instansi yang anda Lamar.

1. Tes Kesehatan Paru-paru
Ini solusi untuk para perokok Aktif. Anda dapat mensiasati tes ini dengan meminum kecap hitam 2 - 3 sachet sejam sebelum interview / pelaksanaan Tes Kesehatan. Kecap Hitam ini apabila diminum bisa menutup rongga yang terlihat saat ronsen. 

Dan satu minggu sebelum Tes Kesehatan usahakan selalu meminum air bersoda, minimal sehari 2 gelas susu bersoda. yang dicampur susu setiap hari (Soda Putih).

2. Tes Kesehatan Tekanan Darah
Tes kesehatan selanjutnya adalah cek tekanan darah. Jika ingin lulus tes ini maka tekanan darah Anda harus normal. Tekanan darah normal biasanya diantara 80-120. 
Tips menghadapi Tes Kesehatan Tekanan Darah : Anda harus tidur tepat waktu, hindari begadang dan perbanyak minum susu dan air putih. Ingat jangan memakan daging kambing.

3. Tes Kesehatan Melalui Urin
Medical Check Up Melalui Urin bertujuan untuk mengetahui kandungan yang ada dalam urin kita. 
Tips mengakali Tes Kesehatan Melalui Urin : Anda harus meminum air putih sesering mungkin, sebelum tes medical check up. Serta Hindari meminum obat-obatan apapun. Karena urin yang sehat dan baik menurut dokter adalah urin yang bening dan tidak keruh.

4. Tes Buta warna
Selanjutnya adalah Tes Buta Warna. Dalam tes ini kita tidak bisa mengakalinya. Namun anda bisa berlatih dengan Aplikasi Simulasi Tes Buta Warna. Jika anda sudah mengetahui beberapa Soal tesnya, setidaknya anda juga sudah bisa menghafal bentuk soal.

5. Tes Kesehatan Mata
Ini adalah Tes yang sangat ditakuti oleh para penderita mata minus. Biasanya tes ini bertujuan  mengetahui kemampuan mata kita dengan melihat jauh sebuah huruf dan angka dari yang besar hingga paling kecil. 

Tips Menghadapi Tes Kesehatan Mata : Jika anda mau, Anda bisa menggunakan lensa kontak, tapi jika Anda belum punya lensa kontak cara lain adalah dengan menghafal huruf-huruf tersebut sebelum Tes Kesehatan Mata.

6. Tes Kesehatan Gigi
Tes Kesehatan Gigi ini juga sering dilakukan perusahaan untuk para calon pegawai barunya. Tujuan dari tes ini adalah agar para karyawan memiliki gigi yang sehat. 
Tips Menghadapi Tes Kesehatan Gigi :  Sebelum Anda mengikuti tes kesehatan ini, Ada baiknya Anda periksa kesehatan gigi Anda ke dokter gigi dan tambal semua gigi yang berlubang.

Itulah rangkaian / tahapan prosedur tes kesehatan / medical check up yang paling umum dilakukan para dokter. Semoga apa yang saya jelaskan dapat bermanfaat untuk para pembaca. 

Selain memberikan Informasi Tips Menghadapi Tes Kesehatan ( Medical Check Up ) Kerja 2020, TesKerja.Com juga memberikan Contoh Soal Psikotes. Dimana Tes Tersebut merupakan tahapan ketika anda mendapat panggilan kerja.

Sebagai bekal jika anda nanti mendapat panggilan kerja, pastikan anda mencoba tips dan trik dari TesKerja.Com. Mulai dari Berlatih membuat Surat Lamaran Yang Baik dan BenarSoal Psikotes, hingga berlatih Tes Wawancara. Semoga Artikel ini Bermanfaat bagi kita semua. Salam Sukses.
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software