menpan.go.id : Resmi, Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS 2017 Sebanyak 19.210



Advertisement

menpan.go.id : Resmi, Pemerintah Buka Pendaftaran CPNS 2017 Sebanyak 19.210 - ( Hati - Hati Terhadap Penipuan Penerimaan CPNS 2017 ) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) atau Kemenpanrb Asman Abnur secara resmi sudah memberi pengumuman terkait penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS 2017 ) di lingkungan Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM). Jadi akan ada Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2017 dan Pendaftaran CPNS MA ( Mahkamah Agung ) 2017.

Asma mengatakan, formasi untuk kedua instansi tersebut sebanyak 19.210 orang, yang terdiri dari 1.684 CPNS untuk Mahkamah Agung (MA) dan 17.962 kursi CPNS di Kementerian Hukum dan HAM.


Sumber : bisnis.liputan6.com/read/3018992/cek-di-sini-info-lengkap-penerimaan-cpns-2017

Jumlah tersebut termasuk untuk mengakomodasi putra-putri lulusan terbaik (cumlaude) serta putra-putri Papua dan Papua Barat. Untuk lulusan cumlaude kuota mencapai 468 orang, sedangkan putra-putri Papua dan Papua Barat sebanyak 301 orang.

Formasi Pendaftaran CPNS 2017 Kemenkumham dan MA

Dijelaskan, formasi untuk MA sejumlah 1.684 calon hakim pada peradilan umum, peradilan agama dan peradilan tata usaha negara. Untuk posisi calon hakim ini, kualifikasi hanya untuk sarjana hukum, sarjana syariah dan sarjana hukum Islam.

Adapun formasi CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM meliputi 21 jabatan, mulai dari Penjaga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) hingga analis Keimigrasian.

“Kuota untuk penjaga lapas mencapai 14 ribu, dengan kualifikasi lulusan SLTA sederajat yang menguasai komputer,” ujar Asman dalam di kantor Kementerian PANRB, Selasa (11/7/2017).

Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 di antaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir, dan 2.278 analis keimigrasian.

Dikatakan Asman, untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Bahasa Asing.

Cara Pendafataran CPNS Kemenkumham 2017 & CPNS MA 2017

Seperti halnya seleksi CPNS sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara online dan terintegrasi secara online melalui sscn.bkn.go.id pada 1 – 31 Agustus.

Soal Tes CAT CPNS Kemenkumham 2017
Seperti halnya tahun sebelumnya, satu pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Selain SKD, juga dilakukan Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menteri Asman menegaskan, pelaksanaan seleksi CPNS ini dilakukan berdasarkan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik KKN, dan tidak dipungut biaya, sehingga tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun. Setelah selesai ujian, peserta akan langsung mengetahui nilainya.

"Jadi jangan percaya kalau ada pihak-pihak yang menawarkan jasa bisa meluluskan seseorang dengan imbalan sejumlah uang. Jangan mau menjadi korban percaloan,” ujarnya.
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software