Saat Ini Belum Ada Jadwal Resmi Penerimaan CPNS 2016

Surat Lamaran Kerja Diketik atau Ditulis Tangan ?

Surat Lamaran Kerja Diketik atau Ditulis Tangan ?

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaru 2015 - Dalam membuat surat lamaran pekerjaan, apakah anda masih bingung dengan cara membuatnya ? Surat lamaran kerja itu sebaiknya ditulis tangan atau diketik ? Nah, kami akan berbagi tipsnya untuk anda. Surat lamaran kerja menjadi ujung tombak dan berperan sangat penting karena surat lamaran tersebut yang pertama kali dilihat oleh perusahaan dan menentukan nasib Anda selanjutnya. 

Surat lamaran kerja juga mencerminkan kepribadian kita, oleh sebab itu buatlah surat lamaran kerja sebaik mungkin dan serapi mungkin agar bagian personalia maupun HRD yang bertugas menyeleksi karyawan baru dapat terkesan. Jangan sampai hanya gara - gara Surat Lamaran, anda tidak bisa mendapatkan panggilan kerja.

Surat Lamaran Kerja Diketik atau Ditulis Tangan ?





Aspek dalam menulis surat lamaran kerja.

Ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan sebelum menulis surat lamaran kerja. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja

  • Menuliskan data pribadi yang lengkap misalnya nama, tempat tanggal lahir, alamat, nomer hp atau telepon, email jika ada, dan status perkawinan (masih singgle atau sudah menikah).
  • Melampirkan daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir, pas foto terbaru, surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK jika diperlukan, surat keterangan kesehatan dari dokter jika diperlukan
  • Menuliskan pengalaman kerja. Sebaiknya tuliskan pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang lowongan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja, maka Anda bisa menuliskan kemampuan yang Anda miliki yang sesuai dengan lowongan tersebut.
  • Menuliskan latar belakang pendidikan, misalnya pendidikan formal mulai dari SD sampai riwayat terkahir Anda tamat melakukan pendidikan. Untuk pendidikan non formal bisa diisi dengan pelatihan atau kursus yang pernah Anda ikuti.

Surat lamaran kerja itu sebaiknya ditulis tangan atau diketik

Khususnya bagi fresh graduate atau yang baru lulus, Mungkin anda masih bingung dalam menulis surat lamaran kerja, sebaiknya ditulis tangan atau diketik komputer ? Agar terlihat rapi, sebaiknya surat lamaran kerja diketik dengan komputer menggunakan ukuran font standar seperti Times New Roman agar terkesan formal. Gunakan bahasa yang formal dan efektif tanpa pengulangan kata-kata yang tidak jelas. Hindari penggunaan tata bahasa yang salah atau ejaan yang salah. 

Menurut Pengalaman Saya :
Saya sendiri awalnya juga sempat bingung dalam membuat surat lamaran kerja. Karena mencari amannya, saya pertama kali membuat surat lamaran kerja dengan ditulis tangan. Namun selama pengamatan saya, ketika menghadiri Job Fair 2014 di kabupaten Jombang ternyata mayoritas pelamar kerja menuliskan suratnya dengan cara di ketik. Termasuk juga ketika saya menghadiri Job Fair IKIP Madiun dan Bursa Kerja Career & Higher Education Fair 2014 di Surabaya. Kebanyakan dari mereka membuat surat dengan diketik komputer.

Biasanya jika Surat Lamaran itu di tulis tangan, pasti Instansi / Perusahaan terkait mencantumkan persyaratan tersebut, seperti dalam tes CPNS tahun 2014. Dimana dalam surat lamarannya harus ditulis tangan dengan tinta hitam. Namun juga tidak ada salahnya membuat dengan ditulis tangan jika tulisan anda bagus dan rapi.

Lalu bagaimana Ketika Melamar kerja di Job Fair ?

Jika anda belum pernah datang ke acara bursa kerja / Job Fair tentu juga akan binggung soal surat lamaran kerja. " Lha nanti kalau diketik, Alamat Perusahaan dan Posisi kerja yang dilamar bagaimana ? " Perlu anda ketahui, jika anda membuat surat lamaran kerja dengan diKetik, ketika mengikuti acara Job Fair kosongkan saja bagian Alamat Perusahaan dan Posisi Kerja yang akan anda lamar. Pada bagian itu nanti ditulis tangan ketika sudah berada di Job Fair.

Contoh Surat Lamaran Kerna Terbaru 2015 dan Tahun ini.

Ada banyak sekali macam dan jenis surat yang berkaitan dengan pekerjaan. Apakah itu surat lamaran kerja, surat pengunduran diri / resign, surat izin cuti, surat izin sakit dll. Anda bisa membaca Contoh Surat Lamaran Kerja di BANK terbaru 2015. Surat tersebut contoh ketika melamar di Bank Mandiri.

Jangan lupa untuk mencoba Soal Psikotes Online dan aplikasi tes kerja lainnya di blog ini.