Download Standar Isi Kurikulum 2006 ( KTSP )



Advertisement

Download Standar Isi Kurikulum KTSP SD Terbaru 2015

Standar Isi Kurikulum 2006 ( KTSP ) Terbaru 2015 - Berita hangat dan terpopuler saat ini adalah tentang dunia pendidikan di Indonesia. Pada Awal Desember 2014, Pemerintah mengeluarkan kebijakan penghentian sementara yaitu Kurikulum 2013 SD/SMP/SMA/SMK Dihentikan oleh Mendikbud. Ada beberapa Apasan atau penyebab Kurikulum 2013 harus ditunda pelaksanaannya. Salah satunya adalah adanya sekolah yang memang belum siap untuk menerapkan model pembelajaran dikurikulum 2013. Untuk itu, sementara ini bagi sekolah yang baru menerapkan K13 mulai semester genap dihimbau untuk kembali mengimplemetasikan Kurikulum 2016 atau KTSP.



Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) 

Download Standar Isi Kurikulum 2006 ( KTSP )Setelah Mendikbud mengumumkan dan mengirim surat edaran terkait penghentian sementara Kurikulum 2013, maka Bapak / Ibu Guru kembali akan menerapkan metode pembelajaran sesuai Kurikulum 2006 atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. K13 sebenarnya tidak berbeda jauh dengan KTSP. Standar ini dari KTSP juga terserap dalam K13. Untuk itu, Guru harus memahami secara jelas mengenai hal itu, agar Kurikulum 2006 berjalan secara maksimal. Termasuk dalam kegiatan pembelajaran di jenjang Sekolah Dasar ( SD ), Sekolah Menengah Pertama ( SMP ), Sekolah Menengah Atas ( SMA ), Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Bentuk RPP dan SILABUS pun berbeda dengan Kurikulum 2013.





Download Standar Isi Kurikulum 2006 ( KTSP ) SD  / SMP / SMA / SMK

Standar isi yang menjadi pedoman atau kurikulum untuk satuan pendidikan ( KTSP ) ini memang sudah terbit sejak 2006. TesKerja.Com mencoba untuk menginformasikannya kembali. Mungkin ini bermanfaat untuk pengajar ( guru ) yang kembali menggunakan Kurikulum 2006.

Standar isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan terlampir dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 

Implementasi Kurikulum KTPS 2006 Untuk SD / SMP / SMA / SMK

Implementasi Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar nasional pendidikan, yaitu: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Dalam dokumen ini dibahas standar isi sebagaimana dimaksud oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, yang secara keseluruhan mencakup : 
  1. kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dalam penyusunan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan, 
  2. beban belajar bagi peserta didik pada satuan pendidikan dasar dan menengah, 
  3. kurikulum tingkat satuan pendidikan yang akan dikembangkan oleh satuan pendidikan berdasarkan panduan penyusunan kurikulum sebagai bagian tidak terpisahkan dari standar isi, dan 
  4. kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan pada satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Untuk mendapatkan file standar isi dari BSNP, klik tauatan di bawah ini:



Buku Kurikulum 2006 KTSP

Mungkin ada yang bertanya ; Bagaimana dengan Buku Kurikulum 2006 ( KTSP ) ? Apa Buku BSE Kurikulum 2006 bisa di Download ? Nah, untuk Informasi Tentang Download Buku Kurikulum 2006 / KTSP silahkan menunggu update terbarunya di Blog ini.


Semoga Informasi "Download Standar Isi Kurikulum 2006 ( KTSP )" ini bermanfaat bagi Guru dan Peserta didik di Indonesia.
Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software