Daftar Polisi 2020 - Lengkap, Ini SOAL, Jadwal, Syarat, dan Tata Cara Penerimaan Polri 2020 - 2021



Advertisement

Pendaftaran Polisi 2020 - Pelajari Syarat, dan Tata Cara Penerimaan Polri 2020 - 2021

Pendaftaran Penerimaan Polri 2020 - 2021 - Info Tentang Penerimaan SIPSS, Akpol, Bintara Polri, dan Tamtama selalu menarik perhatian banyak orang. Banyak masyarakat indonesia yang bercita - cita ingin menjadi anggota polri, bermimpi ingin menjadi polisi. Jumlahnya pun pastinya tidak sedikit, terbukti di setiap pendaftaran pasti ada ribuan lebih Pemuda Terbaik Bangsa yang ingin daftar jadi polisi. Selalu ikuti update Informasi Penerimaan Polri 2020, agar tidak ketinggalan dan bisa mempersiapkan diri.

Penerimaan anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Bintara Polri, dan Tamtama. 






Karena ketatnya persaingan ini, para calon polri ini pastinya juga harus mempersiapkan diri, mulai dari belajar untuk menghadapi Tes Masuk Polri seperti Soal Psikotes Polri 2020 dan Berlatih Fisik. Ya, masuk polri bukan hanya mengutamakan Nilai Tes yang bagus, namun mental dan fisik juga harus bagus. 


Tugas Utama Anggota Polisi

Mengenal sedikit tentang tugas polisi. Tugas utama seorang polisi republik indonesia ( Polri ) Yaitu Melindungi, Mengayomi dan Melayani Masyarakat. Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah Kepolisian Nasional yang ada di negara Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. 

Sama seperti instansi pemerintah lainnya, Polri juga mempunyai moto, yaitu Rastra Sewakotama. Moto Polri ini memiliki arti Abdi Utama bagi Nusa Bangsa. Polri mengemban tugas-tugas kepolisian dari sabang sampai merauke, di seluruh wilayah Republik Indonesia. Tugas - Tugas pokok tersebuat adalah 


  • Menegakkan Hukum
  • Memelihara Keamanan dan Ketertiban Masyarakat 
  • Memberikan Perlindungan, Pengayoman, dan Pelayanan Kepada Masyarakat. 

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, Polri bertugas: Menyelenggarakan segala kegiatan dalam menjamin suatu keamanan, ketertiban, serta kelancaran lalu lintas di jalan. Kemudian membina masyarakat indonesia dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran terhadap hukum, serta ketaatan masyarakat terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan di indonesia. Dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk mempelajari secara keseluruhan bisa membaca di Wikipedia tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Struktur Organisasi Polri
Sebelum mendaftar menjadi anggota polri, ada baiknya kita mempelajari konsep Struktur Organisasi Polri - Organisasi Polri ini disusun secara berjenjang dari tingkat pusat yaitu Mabes Polri sampai ke kewilayahan Seperti Polda di Tingkat Provinsi, Polres di Tingkat Kabupaten atau Kota dan Polsek yaitu di wilayah tingkat Kecamatan. Berikut ini gambar Struktur Organisasi Polri :


Tingkat Mabes 
Unsur pimpinan Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah KAPOLRI. Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kapolri merupakan Pimpinan Polri di bawah Presiden dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kapolri berpangkat Jenderal Polisi. Berbintang Empat.

Daftar Polisi 2020 - Lengkap, Ini SOAL, Jadwal, Syarat, dan Tata Cara Penerimaan Polri 2020
Struktur Organisasi Tingkat Mabes


Tingkat Polda  
 
POLDA adalah satuan pelaksana utama Kewilayahan yang ada dibawah Kapolri. Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah bertugas menyelenggarakan tugas Polri pada tingkat kewilayahan Provinsi. Polda dipimpin oleh Kapolda, yang bertanggung jawab kepada Kapolri. Seorang Kapolda akan dibantu oleh Wakil Kapolda (Wakapolda). Polda ini juga membawahi Polres.


Daftar Polisi 2020 - Lengkap, Ini SOAL, Jadwal, Syarat, dan Tata Cara Penerimaan Polri 2020
POLDA TYPE A



Daftar Polisi 2020 - Lengkap, Ini SOAL, Jadwal, Syarat, dan Tata Cara Penerimaan Polri 2020
POLDA TYPE B

Tingkat Polres  
Polres membawahi Polsek. Untuk daerah yang merupakan kota besar, Polres dinamai Kepolisian Resor Kota Besar. Polres ini juga mempunyai satuan tugas kepolisian yang lengkap. Polres dipimpin oleh seorang Komisaris Besar Polisi (Kombes) untuk Polrestabes atau Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) untuk Polres.


Struktur Organisasi Tingkat Polres


Tingkat Polsek

Yang terakhir ini adalah penjelasan Struktur Organisasi Tingkat Polsek. Perlu di ketahui bahwa Polsek ataupun Polsekta dipimpin oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) ini khusus untuk Polda Metro Jaya ataupun Komisaris Polisi (Kompol) untuk tipe urban. 

Sedangkan ada beberapa di Polda lainnya, Polsekta ataupun Polsek dipimpin oleh perwira berpangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) tipe rural. Beberapa daerah di Papua, sebuah Polsek dapat dipimpin oleh Inspektur Polisi Dua atau Irda.






Pendaftaran Penerimaan Polri 2020 - 2021

Bagaimana, Semakin Termotivasi Untuk Menjadi Anggota Polri ? Seperti yang kita ketahui bahwa pendaftaran polisi ini tidaklah mudah. Ada tahapan - tahapan atau proses yang harus di lewati. Pastikan untuk megikuti proses Resmi dari Kepolisian Republik Indonesia.

Pendaftaran Penerimaan Polri
Penerimaan Polri
Saat Artikel Ini Diterbitkan ( 10/5/2019 ), Pendaftaran Polri Tahun 2020 Belum Di Buka 
Kami Akan Melakukan Update Jika Sudah Ada Info Resmi Pendaftaran Dari Polri


Penerimaan Polri itu hanya melewati satu jalur, yaitu https://penerimaan.polri.go.id/. Hati - Hati terhadap bentuk penipuan yang mengatasnamakan Orang Dalam yang bisa memasukkan pelamar menjadi anggota polri dengan modus membayar uang ratusan juta.

Sudah banyak korbannya. Adaya penipu ini menunjukkan betapa banyaknya peminat yang ingin bisa lulus tes masuk polri ( polisi ). Link artikel di bawah ini adalah bukti bahwa masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab :

Demi Lolos Pendaftaran Polisi di Akpol, Saiful Bayar Rp 600 Juta, tapi Akhirnya Malah Tragis


Baca Artikelnya di TribunNews

Masih banyak bukti lainnya yang bisa anda cari di beberapa media pers. Kita dituntut untuk waspada. Jika kurang jelas terhadap pendaftaran penerimaan polisi 2020, anda bisa datang ke polsek setempat untuk mencari informasi terkait penerimaan polri.



Syarat Pendaftaran Polri 2020

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya bahwa Informasi Resmi untuk melihat Syarat dan tata cara penerimaan bisa diakses melalui situs web penerimaan.polri.go.id. Jika belum ada info resmi dari situs resmi polri, Berikut ini adalah Informasi tahun lalu. Setidaknya bisa menjadi persiapan dan prediksi tahun ini seperti apa. Namun diperkirakan persyaratan dan Cara Pendaftaran Tidak jauh berbeda dengan tahun 2019.

Pendaftaran untuk Bintara Polri dan Tamtama tahun 2019 lalu sudah dapat dilakukan pada 26 Februari 2019. Kemudian, penerimaan peserta Taruna Akpol ( Akademi Kepolisian ) dimulai pada hari Rabu, 6 Maret 2019. Bisa jadi untuk Penerimaan Bintara, Taruna Akpol dan Tamtama polri 2020 akan dilaksanakan pada Bulan Februari dan Maret hingga Bulan April 2020. 


Syarat Pendaftaran :

Silahkan dicatat, persayaratan umum pendaftaran taruna Akpol. Disebutkan bahwa terdapat batasan umur, yaitu paling rendah usia 18 tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri. Selain itu, harus memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Ini untuk menunjukkan bukti bahwa pendaftar tidak pernah dipidana karena melakukan kejahatan.

Kemudian persyaratan selanjutnya adalah pendaftar memiliki ijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS. Lalu juga ada syarat tinggi minaml yang harus dipenuhi. Yaitu tinggi 165 cm untuk pria dan 163 cm untuk wanita. 

Untuk Pendaftaran Bintara, Rekrutmennya juga terbuka untuk lulusan D-III dan S-I. Bagi pelamar lulusan SMA sederajat juga dikenai batasan umur, yaitu usia 17 tahun 6 bulan dan maksimal 21 tahun. Sementara itu, lulusan D-III dibatasi maksimal 24 tahun, dan lulusan D-IV/S-I memiliki usia maksiaml 25 tahun. 


Jadwal dan Syarat Penerimaan Tamtama ini masih sama, yaitu pada pendaftaran tahun 2019 lalu. Pendaftaran untuk Tamtama dibuka pada bulan Februari sampai April. Tidak menutup kemungkinan, pendaftaran Tamtama Brimob 2020 juga akan dilaksanakan Bulan Februari - April. Pendaftar untuk Tamtama Brimob dibatasi berijazah serendah-rendahnya SMA/MA jurusan IPA/IPS/Bahasa/Agama.

Kemudian untuk calon para pendaftar Tamtama Polair ( Polisi Air ) minimal memiliki ijazah SMK jurusan pelayaran.


Tata Cara Pendaftaran Anggota Polri 2020

Langkah-langkah pendaftaran anggota Polri tahun 2020 adalah sebagai berikut :

1. Buka situs web penerimaan polri di penerimaan.polri.go.id, 
2. Pilih jenis pendaftaran yang diinginkan ( Taruna Akpol, Bintara Polri, atau Tamtama )
3. Melakukan Pengisian data diri dalam kolom yang disediakan, Data Harus Lengkap.
4. Mengunggah / Uploaddokumen pendukung sesuai dengan jenis pendaftaran yang dipilih.
5. Mencatat kartu peserta yang tersedia.

Sumber Tirto.Id




Waspada Penipuan !

Saat Artikel Ini Diterbitkan ( 10/5/2019 ), Pendaftaran Polri Tahun 2020 Belum Di Buka

Kami Akan Melakukan Update Jika Sudah Ada Info Resmi Pendaftaran Dari Polri

Beberapa Brosur Resmi Pendaftaran Penerimaan Polri Tahun Lalu :








Download Contoh Soal Psikotes Polri 2020

Salah satu pencarian yang tidak kalah banyaknya adalah tentang Soal Tes untuk Masuk menjadi Anggota Polri. Jumlah pelamar yang banyak dan persaingan yang sangat ketat, membuat banyak orang berusaha dan belajar keras agar bisa melewati tahapan Tes Psikotes atau Psikologi. 



Banyak pelamar yang gagal ketika berada di tahap Psikotes. Agar ini tidak terjadi kepada anda, maka harus mempersiapkan semuanya. Mulai dari belajar Soal - Soal Psikotes, Cari di Internet Contoh Soal Tes Penerimaan Polri atau Beli Buku Tes TNI POLRI. 

Meskipun itu bukan resmi dari kepolisian, setidaknya bisa menambah wawasan pengetahuan ketika menghadapi tes polri.


Pencarian yang banyak di Internet Terkait Soal Tes :


  • Cari akademik polri 2020
  • Cari contoh soal akademik polri 2020
  • Cari contoh soal akademik polri dan jawabannya 2020
  • Cari contoh soal tes akademik brigadir polri 2020
  • Cari contoh tes akademik 2020
  • Cari download contoh soal akademik polri 2020
  • Cari soal akademik akpol pdf 2020
  • Cari soal akademik polrisoal soal tpa 2020
  • Cari soal tes akademik polri 2020
  • Cari soal tes akpol 2020
  • Cari soal tes potensi akademik dan kunci jawaban 2020
  • Cari tes akademiktes akademik akpol 2020
  • Cari tes akademik polisi 2020
  • Cari tes akademik polri 2020




Kami akan Melakukan Update jika sudah ada Informasi resmi melalui Situs Resmi Polri penerimaan.polri.go.id.

Protected by Copyscape Duplicate Content Detection Software